Tren Rumah Pintar

Anda mungkin pernah menonton film Star Trek atau Smart House. Jika iya, Anda pasti dapat membayangkan betapa nyamannya tinggal di hunian yang seluruh perangkatnya serba canggih karena bisa dikendalikan dari mana saja. Bahkan, saat Anda berada di luar rumah.

smart home images

Mirip seperti suasana yang ada di film-film tersebut, konsep rumah pintar atau smart home yang diperkenalkan sejumlah produsen elektronik sejak tahun 1990-an pun menawarkan berbagai kemudahan pengoperasian.

Asyiknya lagi, untuk memiliki rumah pintar ini, Anda tidak perlu menjadi techie atau punya robot pembantu seperti di film Star Trek. Cukup dengan membeli perangkat rumah tangga yang bisa berkomunikasi dengan perangkat lain, Anda kini dapat mewujudkan smart home idaman.

Meski telah bertahun-tahun diperkenalkan, pasar smart home diperkirakan baru akan meledak pada 2020. Sebab, pada saat itu harga perangkat pendukungnya sudah tidak semahal sekarang.  Allied Market Research menyebutkan dalam laporannya bahwa pasar bangunan dan rumah pintar di dunia diperkirakan akan tumbuh 29,5% per tahun pada kurun waktu 2012 sampai 2020.

iPhone-Home

Anda mungkin bertanya-tanya, berapa besarnya dana yang harus disiapkan untuk mewujudkan konsep smart home di rumah. Jawabannya, mulai dari Rp20 jutaan sampai miliaran rupiah. Terdengar mahal. Namun, dengan mengeluarkan biaya sebesar itu, Anda dapat meningkatkan harga jual rumah sekitar 25% lebih tinggi.

Anda juga bisa menghemat tagihan listrik akibat pengelolaan  penggunaan lampu-lampu di rumah yang lebih baik. Satu lagi, hidup Anda juga tentu menjadi lebih nyaman dan aman karena semua perangkat yang ada di rumah bisa dikontrol lewat tombol yang ada di sisi tempat tidur atau bahkan dari smartphone saat Anda berada di luar kota.

Jadi, jika suatu hari Anda sedang berlibur bersama keluarga di luar kota dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, Anda bisa menyalakan atau mematikan lampu yang ada di halaman dari luar kota.

Alhasil, orang tidak akan menyangka kalau rumah Anda sedang kosong.  Kemudian, Anda juga bisa membersihkan rumah dengan vacuum cleaner dari jarak jauh sehingga rumah akan tetap bersih ketika Anda pulang berlibur.  Praktis, kan!?