10 Tips Memilih Smart TV

Sekarang ini smart TV atau TV pintar menawarkan lebih banyak kemampuan. Smart TV dapat disambungkan dengan Internet dan layanan media streaming online. Selain itu, TV pintar memiliki fitur pengendali canggih seperti pengatur suara serta pengenal wajah dan gerakan. Sebuah smart TV juga bisa datang dengan resolusi HDTV (1080p) atau Ultra HD (4K).

Agar tidak bingung saat memilih TV pintar, berikut ini ada 10 tips yang dapat Anda pertimbangkan.

lg.com/Smart TV

lg.com/Smart TV

1. Supaya semua fiturnya dapat dinikmati secara optimal oleh seluruh anggota keluarga, Anda sebaiknya memilih smart TV berukuran minimal 55 inci. Dengan TV berlayar besar, penggunaan fitur seperti pengenal gerakan akan lebih optimal.

2. Smart TV dengan layanan streaming yang beragam merupakan pilihan tepat untuk di kamar, bahkan dapur. Meski begitu, penempatan TV di dapur kelihatan belum lazim di Indonesia.

3. Kebanyakan smart TV yang dijual saat ini menggunakan teknologi LED LCD. TV LED yang bagus menggunakan kemampuan meredupkan cahaya secara lokal agar dapat memproduksi warna hitam yang benar-benar hitam serta kontras yang tinggi. Pastikan Anda memilih TV dengan backlit yang penuh.

4. Untuk menonton film 3D, Anda sudah pasti mesti memilih TV pintar dengan teknologi Active 3D. Teknologi ini akan menyampaikan resolusi penuh ke mata penonton. Jelas berbeda dengan teknologi Passive 3D yang hanya menyalurkan sebagian resolusi.

5. Smart TV yang bagus menawarkan menu yang canggih dan intuitif serta petunjuk mencari konten streaming yang Anda inginkan. Hal ini tentunya akan memudahkan penggunaan.

6. Carilah TV pintar dengan kemampuan browsing. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membuka laptop saat akan membuka situs web tertentu.

7. Remote yang canggih bisa menjadi alternatif ketika akan membeli smart TV. Dengan remote yang canggih, TV akan lebih mudah digunakan.

8. Tips yang berikut ini amat penting. Pastikan Anda tidak membeli TV dengan speaker terintegrasi. Lebih baik menyambungkan TV dengan soundbar atau soundbase saat akan menonton.

9. TV yang dipamerkan di showroom terkadang belum dikalibrasi dan biasanya dipasang pada tingkat cerah tertinggi. Jika memungkinkan, minta pramuniaga memutarkan film dari DVD player. Biasanya, warna yang dihasilkan pada film lebih realistis.

10. Untuk mengecek apakah TV yang akan dibeli mendukung Wi-Fi, sambungkan TV dengan router menggunakan kabel Ethernet. Gampang, kan!?