Inspirasi: 5 Kota Potensial untuk Rumah Kedua

Meskipun bisnis properti melambat di tahun lalu, rumah tetap bisa menjadi investasi yang menguntungkan di masa depan. Apabila Anda ingin membeli rumah kedua, lima kota di bawah ini potensial untuk dilirik.

Kredit Foto: hiconsumption.co

1. Pekanbaru

Menurut Lamudi, kota ini baru saja menerima penghargaan sebagai Kota Tujuan Investasi Terbaik, Tata Kelola Pemkot Terbaik dan Kota Terbaik dari Real Estate Indonesia. Lokasinya yang strategis sebagai pintu masuk dari Singapura dan Malaysia membuat Pekanbaru sebagai pemberhentian favorit bagi para pelancong dan membuka banyak kesempatan di sektor perhotelan.

2. Balikpapan

Populasi di kota yang terletak di Kalimantan Timur ini tumbuh 4,5% pada 2014 dan 3% di antaranya adalah pendatang baru. Pertumbuhan tersebut membuka peluang di sektro perumahan. Bahkan Balikpapan juga mencatat rekor sebagai kota dengan pertumbuhan harga paling tinggi selama kuartal empat 2014, mengalahkan Batam dan Surabaya.

3. Surabaya

Ibukota Provinsi Jawa Timur ini menempati posisi teratas di 100 kota bisnis menurut Majalah SWA. Kota terbesar kedua di Indonesia juga merupakan pilihan utama para investor setelah Jakarta. Rencana untuk membangun MRT akanmembuat harga propertii di kota ini semakin kompetitif.

4. Bandung

Bandung merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi orang Jakarta. Apalagi sejak tol Cipularang dibuka sepuluh tahun yang lalu. Akses dari Jakarta ke Bandung pun semakin mudah. Sejak Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota, infrastruktur di Ibu Kota Jawa Barat ini juga membaik. Taman kota dan transportasi publiknya menjadi salah satu daya tarik yang membuat Bandung menjadi hunian yang nyaman.

5. Makassar

Dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 9,8% di tahun 2014, Makassar menjadi kota yang menarik sebagai tempat tujuan investasi. Investor dari Prancis, Jepang, Selandia Baru, Polandia, Amerika Serikat dan Singapura juga telah menyatakan ketertarikan mereka untuk berinvestasi di kota ini.