Cerdas Menata Hunian Mungil

Memiliki hunian mungil ada plus minusnya. Sisi positifnya adalah mudah dibersihkan. Sisi negatifnya, kita tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan barang-barang kesayangan. Biarpun sebenarnya barang-barang yang ada di rumah sudah tidak bermanfaat lagi dan layak dibuang. Agar tidak pusing saat menata hunian mungil, Anda sebaiknya membaca artikel ini sebelum bekerja.

IKEA/Ruang Keluarga

IKEA/Ruang Keluarga



1. Manfaatkan ruangan vertikal

Hunian yang mungil membuat kita tidak memiliki cukup tempat untuk menambah ruangan secara horizontal. Oleh karena itu, buat ruang tambahan secara vertikal atau ke atas. Misalnya saja, buat rak terbuka di langit-langit yang ada di atas sofa. Setelah jadi, Anda dapat menaruh gitar kesayangan, kopor, atau keranjang berisi mainan anak-anak.

2. Buat rak terbuka

Penggunaan rak terbuka di dapur masih kontroversial mengingat kehadirannya yang mengurangi nilai estetika. Namun, Anda dapat memasangnya di ruanganlain seperti kamar mandi atau kamar anak. Rak terbuka akan memudahkan Anda saat mencari dan mengambil barang yang paling disukai dan sering digunakan.

3. Siapkan ruangan tak terduga

Maksud ruangan tak terduga di sini adalah ruangan yang tersembunyi balik tangga atau mungkin tempat tidur. Fungsinya ialah untuk menyimpan buku atau pakaian. Tapi, ruangan tersembunyi seperti ini harus rajin dibersihkan, khususnya bila terletak di bawah tempat tidur. Jika tidak, debunya akan membuat Anda sering terkena influenza.

4. Furnitur multifungsi

Ya, kehadiran furnitur multifungsi akan sangat bermanfaat. Anda bisa menghemat ruang. Contoh furnitur multifungsi adalah lemari buku dengan kayu yang bisa dibuka dan dijadikan meja belajar anak. Atau, meja yang bisa digunakan sebagai meja kerja sekaligus meja kopi. Lalu, sofa bed yang berfungsi sebagai sofa dan tempat tidur.

5. Rencanakan dengan detail

Agar semua furnitur yang ada di dalam rumah bisa dimanfaatkan secara optimal, Anda sebaiknya mengukur dimensinya dengan cermat. Termasuk rencana penggunaannya. Jika Anda memiliki kopor berukuran besar, pastikan Anda membuat lemari dengan rak yang dapat menampung kopor tersebut di dalamnya.