Tips Memilih Soundbar

Memiliki sebuah soundbar untuk menonton video lewat home theater merupakan ide menarik. Anda tidak harus memasang lima buah speaker atau lebih untuk mendapatkan suara sorround. Tapi cukup memasang satu soundbar. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat akan membeli soundbar?

LG/Soundbar

LG/Soundbar

1. Desain

Kebanyakan soundbar yang beredar di pasaran saat ini hadir dengan desain minimalis dengan bodi ramping. Namun, Anda tetap dapat memilih mau yang bentuknya kotak vertikal atau horisontal atau kotak menyamping dengan ujung-ujung membulat. Bahkan kini juga ada soundbar berbentuk oval dengan tampilan yang futuristis.

Perbedaannya, terletak pada penempatannya. Soundbar berdesain kotak dan tinggi biasanya diletakkan di samping televisi. Sementara soundbar berbentuk memanjang ke samping dapat ditaruh di rak yang ada di bawah TV sehingga lebih hemat ruang. Sama halnya seperti yang kotak, soundbar yang oval juga biasanya memiliki bentuk yang agak tinggi jadi tidak dapat disimpan di bawah TV.

Bila mempunyai TV berlayar 32 sampai 55 inci dan soundbar dengan ukuran yang tipis, soundbar berdesain Ultra Slim yang tingginya hanya 35 milimeter juga bisa menjadi pilihan. Soundbar Ultra Slim ini bisa dipasang di bawah TV tanpa mengganggu aktivitas menonton.

2. Fitur

Sejumlah fitur yang layak dilirik SoundShare, 3D Sound Plus, Smart Volume, Crystal Amplifier Pro, 1 Way 1 Speaker, USB, dan Bluetooth. Soundbar yang memiliki fitur SoundShare dan mendukung koneksi Bluetooth memungkinkan Anda mendapatkan suara dengan performa yang baik. Ruangan juga tetap rapi karena koneksi Bluetooth membuat soundbar bebas kabel. Di samping itu, fitur ini juga memungkinkan Anda mengendalikan volume TV dan Soundbar dari satu remote TV.

Sementara itu, 3D Sound Plus mampu menciptakan suara 3D yang nyata seolah berada dalam bioskop. Fitur lainnya, yaitu USB, akan memudahkan Anda bila ingin mengambil lagu favorit. Anda tinggal mencolokkan USB berisi lagu-lagu kesukaan pada selot USB yang ada di soundbar.

Fitur lain yang bisa dipilih ialah Neodymium Speaker karena menggunakan magnet yang biasa dipasang di mesin mobil. Magnet neodymium menghasilkan performa yang lebih baik ketimbang magnet biasa. Kemudian ada pula fitur Sound Mode Switching, yaitu mode yang bisa disetel untuk mendapatkan suara yang bagus saat menonton drama atau berita. Sound mode juga dapat disesuaikan untuk menonton tayangan biasa, mendengarkan musik atau menonton film.

3. Konektivitas

Kebanyakan soundbar sekarang menggabungkan koneksi kabel dengan nirkabel. Biasanya, kabel masih diperlukan untuk menyambungkan soundbar dengan TV. Namun, Anda juga bisa memilih koneksi nirkabel saat ingin menyambungkan soundbar dengan TV yang dipasang di dinding. Dengan begitu, interior ruangan home theater akan terlihat lebih rapi.

4. Harga

Ini merupakan tips membeli soundbar yang paling standar. Sesuaikan harga soundbar yang akan dibeli dengan isi dompet Anda. Namun, bila ingin memiliki soundbar dengan fitur canggih, Anda sudah pasti memerlukan dana yang lebih besar.