Mengenal Fitur-Fitur Penjernih Udara

Apabila debu sering membuat salah satu penghuni rumah mudah terkena influenza, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli air purifier atau penjernih udara. Namun, banyaknya model yang beredar di pasaran bisa membuat kita bingung. Agar tidak bingung, baca dahulu fitur-fitur yang biasanya ditawarkan.

Sharp/Air Purifier
Sharp/Air Purifier

1. HEPA

HEPA merupakan jenis pembersih udara yang bekerja dengan cara memerangkap debu. Kehadiran HEPA membuat air purifier dapat menangkap semua partikel debu meskipun ukurannya amat kecil.

2. Plasmacluster

Plasmacluster berfungsi sebagai alat pembersih udara yang tugasnya menghasilkan radikal OH dan melepaskannya ke udara. Radikal OH ini amat efektif untuk membunuh organisme bersel tunggal seperti kuman.

3. Ozone

Ozone merupakan alat pembersih udara yang menghasilkan ozon untuk membunuh kuman dan udara. Namun, US EPA dan Singapore’s National Environmental Agency menyatakan kalau sistem ozone berbahaya sehingga tidak disarankan untuk digunakan di rumah.

4. Carbon filter

Ini adalah alat pembersih udara yang menggunakan sistem prefilter yang efektif untuk menghilangkan bau. Anda sebaiknya memerhatikan ketebalan dan ukuran filter mengingat penyaring karbon yang tipis dan jarang kurang efektif dalam menyaring udara.

5. Ionizer

Fitur ini bertugas melepaskan ion negatif yang bermanfaat bagi kesehatan.

6. UV light generator

UV light generator bekerja membersihkan udara dengan sistem cahaya UV untuk melemahkan kuman. Tapi, fitur ini tidak dapat membersihkan partikel debu dan bau.

More Stories
Geberan Suara pada Mikrofon Sennheiser Bikin Penonton GRAMMY Awards Terpukau