[IFA 2015] Tiga Tren Pencuri Perhatian Pengunjung

Pameran elektronik sejatinya tak hanya menampilkan model baru, tetapi juga tren teknologi terkini. Fenomena inilah yang terlihat di ajang IFA 2015. Para peserta pameran beramai-ramai memamerkan aneka teknologi tercanggih yang mereka miliki. Berikut tiga teknologi terbaru yang menarik untuk disimak.

1. Internet of Things

Samsung/IoT TV Samsung

Samsung/IoT TV Samsung

Ya, Internet of Things menjadi fokus sejumlah produsen elektronik. Di IFA kali ini, LG mengungkapkan visi mereka tentang Internet of Things. Ke depan, akan lebih banyak lagi aneka peralatan elektronik besutan mereka seperti lemari es, perangkat audio video, dan sistem keamanan rumah yang dapat saling terkoneksi dengan perangkat lain melalui internet.

Sama seperti LG, Samsung juga berkomitmen untuk terus memproduksi berbagai peralatan elektronik canggih yang terkoneksi dengan internet. Keuntungannya buat Anda, hunian akan semakin canggih dan pengoperasian peralatan elektronik di rumah akan kian mudah.

Produsen lainnya, Bosch dan Siemens memamerkan perangkat rumah tangga yang bisa terkoneksi dengan internet lengkap dengan aplikasi pengendali. Contohnya saja aplikasi yang memungkinkan pengguna lemari es mengecek stok bahan makanan dari jauh.

2. HDR

Panasonic/Panasonic TV OLED 4K UHD

Panasonic/Panasonic TV OLED 4K UHD

High dynamic range atau HDR juga menjadi tren. Teknik fotografi dan sinematografi yang sedang ngetren ini kini hadir dengan aneka warna yang lebih natural, mirip seperti objek aslinya. Di ajang IFA 2015, teknologi ini banyak diaplikasikan di TV. Misalnya saja LG, Samsung, Panasonic, Philips dan Sony.

Pengunjung yang datang ke IFA 2015 juga bisa membandingkan sendiri perbedaan menonton TV berteknologi HDR dengan TV yang tidak dibekali teknologi HDR. Hasilnya, gambar yang ditayangkan pada TV dengan teknologi HDR terlihat lebih cerah.

3. Jam tangan pintar

GizMagz/Jam Tangan Pintar

GizMagz/Jam Tangan Pintar

Ada dua produk jam tangan pintar yang mencuri perhatian pengunjung di IFA kali ini. Pertama, Motorola Moto 360 generasi kedua yang hadir dalam dua ukuran dan bisa dipakai selama dua hari untuk sekali isi ulang baterai. Kedua, Samsung Gear S2 yang datang dengan sistem operasi Tizen.

Jam tangan besutan Samsung ini juga dibekali dengan solusi kendali lipat tiga, yakni layar sentuh, tombol dua sisi dan bezel yang bisa berputar. Selain dua model itu, juga ada ASUS ZenWatch 2 yang mengedepankan fesyen serta Huawei Watch.

Dari ketiga tren tersebut, mana yang paling Anda sukai? Sampaikan pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah ini.