Inspirasi: 3 Aturan Memasang Lampu di Kamar Mandi

Sebagai produsen lampu bereputasi baik, Philips tentu saja ingin memanjakan konsumen-konsumennya. Lewat tips di bawah, brand terkenal ini berbagi pengetahuan mengenai cara memilih pencahayaan di kamar mandi. Ternyata ada aturan ketat tentang jenis cahaya yang dapat Anda gunakan. Pemasangan lampu juga harus disesuaikan dengan area-area yang ada di dalam kamar mandi.

Philips/Pencahayaan di Kamar Mandi

Philips/Pencahayaan di Kamar Mandi

Rules #1: Hindari memasang lampu di area bak mandi.

Rules #2: Pasang lampu di plafon yang ada di luar area shower. Tujuannya ialah untuk menerangi seluruh bagian kamar mandi. Namun, ada persyaratan keselamatannya. Area ini membentang ke luar 0,6 meter dari pancuran dan 2,25 meter di atas lantai. Karena ada risiko percikan air, diperlukan peringkat IP minimal IPx4.

Rules #3: Letakkan lampu di area dekat cermin dan wastafel. Pencahayaan pada area ini akan membantu Anda saat merias wajah atau bercukur. Tipsnya adalah letakkan lampu pada kedua sisi cermin. Penggunaan lampu yang dipasang tunggal di bagian atas tidak dianjurkan karena dapat menampilkan efek bayang-bayang pada wajah. Pencahayaan di kamar mandi juga tergantung pada warna dan tekstur ubin.