9 Jurus Ampuh Merancang Kamar Mandi Mungil

Mendesain kamar mandi berukuran mungil memerlukan kreativitas. Apalagi jika dana yang ada terbatas. Namun, problem ini mudah diatasi. Diana Schrage, desainer dari KOHLER Design Center memberikan tips mengatasinya spesial untuk Anda.

KOHLER/KOHLER Archer Petite Vanity

KOHLER/KOHLER Archer Petite Vanity

1. Tata sudut ruang

Sudut ruang bisa pada kamar mandi mungil bisa menjadi sumber kreativitas Anda. Untuk menyiasati sudut ruang yang sempit, Anda sebaiknya memasang furnitur multifungsi seperti meja rias yang sudah dilengkapi dengan ruang penyimpanan.

Contohnya saja meja rias KOHLER Archer Petite Vanity yang dibekali laci tarik, keranjang ekstensi 3/4 dan laci bawah. Model ini juga cocok buat Anda yang menyukai furnitur kayu karena dibuat dari bahan kayu.

2. Toilet mungil

Agar tidak menghabiskan tempat, pasang toilet berukuran kecil di kamar mandi Anda. Tapi, kenyamanan pemakaian tetap harus diperhatikan.

Untuk itu, Anda dapat memilih toilet KOHLER Karing. Toilet berdesain oval ini memiliki ukuran yang sama dengan round-front toilet, namun dapat memberikan kenyamanan kursi memanjang. Keunggulan lainnya, KOHLER Karing hemat air sehingga ramah lingkungan.

3. Gunakan warna solid

Ciptakan kesan terbuka untuk membuat kamar mandi terlihat lebih luas. Aplikasikan cahaya dan warna-warna alami untuk memberikan kesan terbuka. Hindari dinding dan lantai dengan banyak pola. Alternatif lain, Anda juga dapat berkreasi dengan tekstur.

4. Maksimalkan bak mandi

Pasang model bak mandi yang dirancang khusus untuk memaksimalkan ruang kecil seperti KOHLER Expanse Bath. Bak mandi berdesain melengkung ini memiliki bak yang luas tapi tidak boros tempat. Sebagai tambahan, Anda dapat menggunakan tirai kamar mandi. KOHLER menyediakan tiga model batang berbentuk melengkung untuk tirai kamar mandi.

5. Pasang keran kecil

Hemat ruang dengan mengaplikasikan keran wastafel model lubang tunggal. Anda bisa memilih KOHLER Artifacts untuk mengontrol dua pengaturan berupa aktivasi on/off dan suhu.

Artifacts datang dengan desain klasik yang cocok dengan meja rias KOHLER Archer Petite Vanity.

6. Pasang pintu geser

Pintu geser dapat membantu Anda menghemat tempat. Untuk memberi kesan lebih luas, beri pula kaca bening seperti jendela. Kaca berdesain tinggi dengan panel geser ganda menciptakan tampilan terbuka dan ramping.

Gaya minimalis dan kaca sebening kristal juga akan menjadi area shower sebagai pusat perhatian dalam kamar mandi. Alternatif yang bisa dipilih adalah pintu geser KOHLER Levity yang tersedia dengan gagang vertikal dan bilah handuk horisontal melengkung yang lembut.

7. Meja rias mini

Alternatif lain untuk menghemat ruang adalah menggunakan meja rias kecil atau wastafel yang menempel di dinding. Bila desain kontemporer menjadi tema di rumah, Anda bisa memakai meja rias KOHLER Persuade Console yang berdesain kontemporer.

Konstruksi baja-tabungnya juga menjamin daya tahan. Lalu terdapat pula tiga rel terpisah untuk menaruh handuk.

8. Bak mandi rendah

Ganti bak mandi lama Anda dengan model berdinding rendah untuk memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Aplikasikan bak 5 kaki dengan dasar datar.

Bak seperti ini sempurna untuk shower, tapi masih cukup dalam untuk berendam. Artinya, Anda akan tetap nyaman saat berendam di dalamnya. Bak dengan kriteria seperti ini dapat dijumpai pada KOHLER Villager.

9. Kabinet gantung

Gunakan kabinet gantung agar Anda tidak perlu membungkuk saat akan mengambil perlengkapan mandi. Jika masih ada ruang kosong, pasang pula niche shelving dan lemari obat dengan cermin sebagai pengganti furnitur berukuran besar.

Elosis mirrored cabinet dari KOHLER merupakan pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari kabinet gantung. Konstruksi kabinet ini menggunakan aluminium solid yang dapat memantulkan pandangan pada interior kabinet dan rak kaca yang bisa disesuaikan.