Philips Implementasikan Telehealth MOM di Kabupaten Sijunjung

Pemeriksaan kandungan sejak awal kehamilan berguna untuk mengetahui lokasi janin, jumlah janin dalam kandungan, keadaan organ kelamin dalam dan juga kondisi indung telur. Dengan begitu, kelainan abnormal yang dapat membahayakan kesehatan serta berujung pada kematian ibu dan bayi dapat dideteksi sejak dini.

Mengingat masih tingginya angka kematian ibu di Indonesia, Philips pun berusaha menekannya dengan cara meluncurkan layanan Telehealth MOM. Implementasi awal solusi berbasis smartphone ini dimulai di Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat. Setelah itu, akan dilanjutkan ke daerah-daerah lain di Indonesia, India dan Afrika pada tahun ini.

Philips/Philips Telehealth MOM

Philips/Philips Telehealth MOM

“Indonesia, sebuah negara yang memiliki sekitar 255 juta penduduk yang tersebar pada lebih dari 900 pulau, masih harus berjuang sebagai salah satu negara dengan angka kematian ibu tertinggi di dunia akibat kurangnya akses terhadap layanan kesehatan. Dengan diluncurkannya solusi Mobile Obstetrical Monitoring (MOM) Philips di Sumatra Barat, kami dapat membantu masyarakat desa terpencil untuk mendapatkan layanan dari ahli kesehatan dan teknologi yang tepat dan di waktu yang tepat,” kata Suryo Suwignjo, Direktur Utama Philips Indonesia.

Layanan Telehealth MOM adalah solusi pencatatan kehamilan yang dapat dipakai pada bidan di daerah terpencil untuk mengirim data pengukuran vital, observasi, dan gambar ultrasonik mobile kepada dokter kebidanan dan kandungan ke rumah sakit yang lebih besar.

ADa dua aplikasi ponsel yang dipakai untuk layanan ini. Aplikasi pertama memungkinkan bidan mengumpulkan data vital seperti berat badan, tekanan darah, suhu tubuh, lalu menyelaraskannya ke portal web MOM. Aplikasi kedua ditujukan untuk dokter agar dapat melihat data vital dan memantau perkembangan ibu hamil.

Para dokter spesialis di rumah sakit daerah dapat mengakses data ini melalui portal web MOM untuk memantau kondisi kesehatan para ibu dan mengidentifikasi kehamilan dengan risiko tinggi melalui sebuah antarmuka berupa dashboard. Sijunjung menjadi kabupaten pertama yang mengimplementasikan program MOM mengingat jauhnya jarak yang harus ditempuh dari rumah ke klinik terdekat. Aplikasi Telehealth MOM di Sijunjung melibatkan pula PT Telkom selaku penyedia platform cloud yang memiliki jaringan luas di seluruh Indonesia.