Asana: Aplikasi Kolaborasi Pendukung Konsep Mobile Workstyle

Mobile workstyle adalah cara pandang baru yang menekankan bahwa tempat kerja tidak lagi terpaku pada kantor. Akan tetapi bisa dari mana saja, termasuk rumah. Tren mobile workstyle paling mudah dilihat di media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Asana/Aplikasi Kolaborasi Asana

Asana/Aplikasi Kolaborasi Asana

Tidak bisa dimungkiri, kehadiran smartphone dan tablet memang telah memicu tumbuhnya tren mobile workstyle. Persoalannya adalah bagaimana membuat mobile workstyle ini efektif. Kuncinya terletak pada koordinasi dan kolaborasi. Khususnya bila Anda bekerja dalam satu tim untuk menjalankan sebuah proyek.

Meski gadgetnya canggih, tugas yang Anda kerjakan mungkin akan sia-sia akibat tidak adanya koordinasi. Nah, untuk memudahkan koordinasi dan kolaborasi dengan anggota tim yang lain, Anda memerlukan sebuah aplikasi. Dari sekian banyak aplikasi kolaborasi, Asana bisa Anda pilih.

Dengan Asana, seluruh anggota tim dapat menelusuri perkembangan proyek yang sedang dikerjakan. Asana ini memiliki tampilan yang sederhana. Anda mungkin bertanya-tanya, apa saja menu yang ditawarkan. Ini jawabannya.

1. My Dashboard

Gunakan Dashboard untuk melihat perkembangan proyek yang sedang digarap oleh tim Anda. Pertama-tama, Anda tentu saja harus memasukkan nama proyek pada Dashboard. Asana memberikan Anda keleluasaan untuk membuat lebih dari tiga proyek.

2. My Task

Masukkan seluruh tugas Anda pada My Task. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengecek apa saja yang mesti dikerjakan. Di My Task, Anda juga bisa melihat kalendar dan memasukkan serta membuka file pekerjaan yang sudah dilampirkan.

3. Deleted Items

Saat tugas selesai. Anda mungkin terbiasa langsung menghapusnya. Namun, bos tiba-tiba saja memintanya kembali. Tidak usah panik. Ada Deleted Items untuk mengambil file yang sudah dihapus.

4. Team Conversations

Ini asiknya Asana. Anda bisa chatting dengan anggota tim lain untuk mendiskusikan perkembangan proyek. Anda juga bisa memanfaatkan Team Conversation untuk membuat pengumuman dan berbagi informasi.

5. Team Calendar

Dengan Team Calendar, Anda dan anggota tim yang lain bisa saling mengecek tugas. Hasilnya, proyeknya bisa lebih cepat selesai dan efektif prosesnya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk unduh Asana. Jika menggunakan laptop, Anda dapat mengaksesnya lewat Asana.com. Selamat berkolaborasi!