ZTE Perkenalkan Konsep Smart Home di Bandung ICT Expo dan 2016 ANJA

Tren IoT atau Internet of Thing akan mengubah gaya hidup. Selama ada akses internet, berbagai perangkat elektronik yang ada di rumah dapat dikendalikan dari sebuah aplikasi yang ada di smartphone. Konsep smart home seperti itulah yang diangkat ZTE di Bandung ICT Expo dan 2016 ANJA yang digelar di Convention Hall Telkom University, Bandung, pada tanggal 19-21 Oktober 2016.

c114 Home/ZTE ZXV10 HC100 STB

c114 Home/ZTE ZXV10 HC100 STB

“Konsep ZTE untuk eksibisi kali ini, smart home. Kami memperkenalkan aneka perangkat smart home mulai dari home security, home view hingga home automation,” ungkap VAS & Core Solution PT ZTE Indonesia, Didik Iskandar.

Tak urung, Didik mendemonstrasikan pula contoh penggunaan perangkat-perangkat tersebut di experience zone yang terdapat di booth ZTE. Experience zone ini didesain menyerupai sebuah ruang keluarga yang diisi dengan sebuah TV, set-top-box, smart bulb yang warna cahayanya bisa diubah dari smartphone, berbagai detektor canggih yang dapat mengirimkan notifikasi pesan ke smartphone, dan alat pendeteksi kesehatan.

Perangkat yang pertama kali diperkenalkan adalah set-top-box atau STB yang berguna untuk mengintegrasikan semua elemen dalam smart home. Yang dimaksud dengan elemen di sini adalah water detector, smoke detector, motion detector, temperature detector, gas detector, panic button, entry sensor, Android TV, smart hospital, dan smart bulb yang ada di dalam experience zone.

Jadi, semua elemen akan terintegrasi ke STB melalui protokol Zigbee. Lalu, STB akan mengirimkan data ke cloud platform. Sementara perintah untuk menyalakan atau mematikan elemen dilakukan melalui aplikasi yang ada di handset.

Dari seluruh elemen yang dipamerkan, Android TV terlihat paling menarik perhatian pengunjung. Karena, ZTE mengadakan kompetisi game online yang permainannya dilakukan di TV yang berbasis Android tersebut.

Saat ini, belum semua produk smart home ZTE dipasarkan. Di Indonesia, yang sudah ditawarkan kepada pelanggan adalah ZXV10 HC100 Home Cloud Box atau biasa disebut sebagai Set-Top-Box (STB).

Jika berlangganan layanan IndiHome dari Telkom, Anda akan mendapatkan STB dari ZTE. Kotak kecil ini berguna untuk menyalurkan internet langsung ke layar televisi model apapun, termasuk yang bukan jenis smart TV. Dengan begitu, Anda bisa menikmati konten yang diinginkan. STB ZTE juga sudah bisa digunakan untuk TV berkualitas 4K.